11 Bahan Alami Yang Terbukti Bisa Membantumu Mengatasi Asam Lambung Tanpa Obat

  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan, penyakit yang ada kaitannya dengan gastrointestinal telah memasuki urutan 10 besar penyakit yang paling banyak penderitanya ada di Indonesia. Dan sekarang ini kasus penyakit asam lambung yang juga disebut dengan gastroesophageal reflux disease ( GERD) ini terus mengalami peningkatan.

Hal ini bisa terjadi karena asam lambung yang naik, selanjutnya bisa menimbulkan luka pada dinding yang ada di kerongkongan. Dengan demikian, yang mulanya hanya seperti luka-luka, selanjutnya bisa menjadi semakin luas serta dapat mengakibatkan penyempitan pada kerongkongan bawah.

Perlu anda tahu, jika penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini merupkan suatu kondisi yang mana ditandai dengan adanya nyeri di bagian ulu hati.

Terkadang juga ada sensasi terbakar pada bagian dada karena naiknya asam lambung ke esofagus. Esofagus yang juga sering disebut dengan kerongkongan merupakan suatu bagian dari saluran pencernaan yang merupakan penghubung antara bagian mulut dengan bagian lambung.

Penyakit asam lambung ini juga termasuk masalah kesehatan sudah sering terjadi dan banyak dijumpai di masyarakat.

Penyebab Naiknya Asam Lambung atau GERD

Penyebab dari penyakit asam lambung jika secara medis yaitu biasanya karena tidak berfungsinya LES atau lower esophageal sphinchter . LES ini merupakan lingkaran otot yang ada di bagian bawah dari esofagus. Ungsinya sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika makanan atau minuman turun ke lambung.

Setelah makanan masuk, LES akan menutup untuk mencegah asam serta makanan yang terdapat pada organ lambung supaya tidak naik lagi menuju esofagus.

Asam lambung dapat meningkat jika LES menjadi longgar serta tidak tertutup dengan baik. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obat tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak.

Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Asam Lambung Naik

1. Minuman keras dan rokok
Perlu anda ketahui, jika tembakau serta alkohol bisa berpengaruh pada tekanan di sfingter esofagus yang ada di bagian bawah yang memberi efek di air liur juga mengakibatkan asam lambung naik. Kedua bahan tersebut juga bisa menurunkan jumlah air liur yang ada pada mulut Anda.

2. Makan terlalu malam
Makan terlalu malam juga bisa mengakibatkan asam lambung menjadi naik. Sebab, ketika anda tidur dengan berbagai macam posisi, maka dapat menjadikan asam lebih mudah untuk kembali menuju tenggorokan.

3. Makan lebih dari tiga kali sehari
Saat muali makan, maka tubuh anda segera memproduksi asam lambung. Jika anda makan dalam jumlah yang banyak, maka semakin lama waktu yang diperlukan untuk memindahkan makanan serta asam bagi usus anda. Dengan demikian, tubuh anda bisa semua asam itu serta tidak mengosongkan asam yang ada pada usus kecil.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Berikut ini merupakan gejala-gejala yang kerap dirasakan para penderita penyakit asam lambung:

• Refluks asam lambung yang akan mengakibatkan muncul rasa asam dan pahit pada lidah.
• Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati dan ketika makan atau membungkuk, rasa nyeri lebih terasa
• Seperti ada yang mengganjal pada kerongkongan ketika menelan.
• Tenggorokan sakit karena ada peraangan di bagian pita suara
• Batuk kering tanpa henti, terlebih pada saat malam hari.
• Sakit dada.
• Kesulitan dan nyeri ketika menelan.
• Gigi rusak.
• Perut kembung dan bersendawa.
• Nafas menjadi tidak sedap.
• Jumlah air liur tiba-tiba meningkat.
Pencegahan Penyakit Asam Lambung
Berbagai macam hal bisa dilakukan untuk mengurangi serta mencegah kenaikan dari asam lambung, diantaranya adalah seperti berikut ini;

1. Menghindari makanan berlemak
Makanan berlemak akan sulit untuk dicerna oleh tubuh, sehingga akan lebih lama tertinggal pada bagian dalam perut. Dengan demikian bisa mengakibatkan meningkatnya asam lambung. Sehingga, anda perlu menghindari jenis makanan seperti produk susu berlemak penuh, antara lain seperti mentega, keju biasa, krim asam, serta susu murni. Anda juga perlu menghindari minyak maupun lemak babi. Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng dan camilan dengan tinggi lemak.

2. Hindari makanan asam
Asam lambung juga bisa timbul karena pengaruh makanan asam. Makanan yang paling asam yaitu makanan yang sejenis jeruk. Anda harus bisa mengatur konsumsi makanan ini agar tidak menaikkan asam lambung.

3. Kurangi asupan cokelat
Apabila anda khawatir asam lambung akan mengalami peningkatan, sebaiknya anda harus bisa mengurangi makan seperti cokelat. Sebab, cokelat terdapat kandungan bahan yang dinamakan methylxanthine. Yang mana cokelat bisa mengendurkan otot yang ada di esofagus. Apabila pada bagian bawah esofagus terbuka, terdapat kemungkinan makanan dari perut nantinya bisa menjadi naik kembali.

4. Kurangi berbagai jenis bawang
Bawang putih ternyata juga dapat mengakibatkan sakit perut serta masalah kembung. Tak heran jika bawang bisa mengakibatkan kenaikan asam lambung. Banyak sekali orang yang kerap meningkat asam lambungnya dengan gejala yang lebih buruk pada saat mereka makan bawang dalam keadaan mentah.

5. Jauhi makanan pedas
Makanan yang pedas memang bisa mengakibatkan seseorang menjadi sakit perut. Makanan pedas tersebut antara lain yaitu paprika, cabai, serta saus pedas. Apabila anda sering mengalami kenaikan asam lambung, maka sebaiknya anda selalu menjaga supaya perut bisa terasa nyaman. Jadi, hindarilah makanan apa saja yang bisa membuat anda merasakan sakit perut.

6. Mengurangi minuman berkarbonasi
Minuman yang berkarbonasi pasti banyak gelembungnya dan tampak menarik serta menyegarkan. Akan tetapi, taukah anda jika ternyata gelembung tersebut akan terus mendesis di dalam perut anda. Karbonasi bisa mengakibatkan terbentuknya tekanan pada bagian dalam perut. Dan keadaan yang seperti ini bisa mendorong isi perut kembali pada esofagus. Dan ililah yang mengakibatkan kenaikan asam lambung.
Pengobatan Penyakit Asam Lambung
Terdapat berbagai macam yang bisa dilakukan untuk pengobatan penyakit asam lambung atau GERD. Mulai dari penanganan secara alami hingga penanganan secara medis. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan penderita untuk meredakan gejala penyakit asam lambung ini;
• Bila diperlukan bisa enurunkan berat badan.
• Makan jumlah sedikit dan bisa lebih sering.
• Sebaiknya jangan langsung berbaring sesudah anda makan
• Hindari minum alkohol serta kopi.
• Tidak merokok..
• Hindari stres.
• Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat.
Pengobatan Medis untuk Asam Lambung atau GERD
Antasida
Untuk pengobatan asam lambung secara medis anda bisa meminum antasida. Antasida bisa anda dapatkan secara langsung di apotek. Antasida ini fungsinya sebagai penetralisir asam lambung. Jika anda minum obat ini jangan diminum bersamaan dengan obat lain. Sebab hal ini bisa berdampak dalam tingkat penyerapan jenis obat lain. Obat ini ternyata juga dapat untuk meredakan rasa sakit karena tukak.
Alginat
Jika untuk obat ini paling tepat sesudah anda makan. Alginat fungsinya yaitu untuk melindungi dinding perut serta esofagus maupun kerongkongan dari iritasi asam lambung. Anda juga dapat memperolehnya secara langsung di apotek tanpa dengan menggunakan resep dokter.
H2-receptor antagonist (H2RA) atau Penghambat reseptor H2
Jenis obat ini dapat untuk mengurangi asam lambung yaitu dengan menghambat efek histamin. Tubuh membutuhkan histamin guna menghasilkan asam lambung. Namun, untuk anda yang ingin menggunakan obat ini harus menggunakan resep dokter terlebih dahulu.
Proton-pump inhibitors (PPI) atau Penghambat pompa proton
Untuk jenis obat ini fungsinya yaitu untuk mengurangi produksi asam yang ada di dalam perut. Perlu anda ketahui, jika obat ini juga jarang memberikan efek samping yang berat. Untuk anda yang ingin mengkonsumsi obat ini pastinya harus dengan menggunakan resep dari dokter.
Prokinetik
Nah, untuk Prokinetik ini fungsinya yaitu untuk mempercepat proses pengosongan perut. Dengan demikian, makanan serta asam lambung bisa lebih cepat masuk menuju dalam usus halus. Dengan demikian bisa untuk mengurangi kesempatan asam lambung untuk naik pada esofagus. Untuk yang usianya di bawah 20 tahun tidak disarankan meminum obat ini akibat potensi efek sampingnya.
Jenis Makanan Untuk Mengobati Asam Lambung
Pisang
Ternyata buah pisang mempunyai tingkat keasaman yang rendah dengan kadar pH antara 4,5 sampai dengan 5,2. Hal inilah yang menjadikan buah ini bisa untuk menetralisir asam di lambung serta bisa membantu untuk meringankan gejala. Jadi, untuk anda yang menderita penyakit asam lambung, buah ini sangat baik untuk anda konsumsi.
Oatmeal
Odi dalam oatmeal ini terdapat kandungan gandum utuh yang banyak sekali memiliki serat. Dengan demikian bisa membantu menyerap asam yang ada di lambung. Jadi bisa untuk mencegah isi lambung menjadi naik kembali. Anda juga bisa memilih jenis makanan tinggi serat yang lainnya. Kemudian untuk roti gandum dan beras whole grain juga bisa anda konsumsi.
Sayuran Hijau
Aneka jenis sayuran hijau seperti halnya brokoli,bayam, kacang hijau, seledri, kol, ini merupakan pilihan makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Sebab, untuk jenis sayuran hijau ini dinilai rendah akan asam. Oleh sebab itu, makanan ini sangat baik dikonsumsi untuk meringakan gejala refluks yang sedang terjadi pada anda.
Jahe
Jahe juga merupakan jenis bahan alami yang memiliki sifat antiradang alami yang baik untuk perawatan untuk sakit asam lambung serta untuk masalah pencernaan yang lainnya. Caranya anda bisa menambahkan jahe parut maupun irisan jahe pada smoothie, teh, maupun jenis makanan yang lainnya.
Putih telur
Putih telur rebus juga termasuk pilihan yang bagus untuk dijadikan makanan yang baik bagi penderita asam lambung. Akan tetapi, sebaiknya anda menghindari kuning telur. Sebab terdapat kandungan lemak tinggi yang dapat membuat kondisi Anda yang sedang sakit asam lambung itu semakin parah.
Daging tanpa lemak
Daging tanpa lemak yang bisa anda konsumsi yaitu dada ayam tanpa kulit dan daging merah yang tidak terdapat lemak. Anda bisa memasaknya dengan dikukus, dibakar atau direbus.
Lidah buaya
Selain untuk mengatasi gangguan pencernaan, ternyata tanaman lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami penyakit asam lambung.
Melon
Buah melon diketahui memiliki kadar pH 6,1 yang bisa dimakan oleh penderita asam lambung.
Semangka, Apel, Pir
Untuk 3 jenis buah ini juga baik sekali dikonsumsi oleh penderita asam lambung.
Jika anda menderita penyakit asam lambung ini sudah dinilai parah, sebaiknya anda segera ke dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut agar tidak semakin parah.


  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *